1. Berikan contoh aplikasi yang menggunakan
peralatan masukan teks berupa:
a. Pengenal tulisan tangan
Teks yang ditulis dengan tangan dapat dimasukkan ke dalam
komputer, menggunakan sebuah pena komputer dan tablet digital.
Namun memiliki permasalahan dalam memasukkan data, yaitu :
- penangkapan semua informasi yang diperlukan secara alami
- memisahkan suatu tulisan ke dalam tulisan-tulisan dengan karakter yang berbeda
- penterjemahan yang khas dari setiap individu
- penguasaan atas gaya penulisan tangan yang berbeda
Contoh : cool hwpen Aplikasi ini dikembangkan oleh para developer dari china yang mendukung penulisan kata-kata latin dalam bahasa inggris dan bahasa Mandarin.
b. Pengenal suara
Alat
tersebut menjanjikan, namun hanya sukses dalam situasi terbatas, yaitu pengguna
tunggal, sistem kosakata terbatas.
Masalah yang dihadapi :
- kebisingan
- ketidaktepatan pengucapan
- aksen, dll
Contoh : Siri adalah aplikasi asisten pribadi yang
terdapat di perangkat Apple terbaru, iPhone 4S. Untuk menggunakan Siri, Anda
hanya perlu berbicara di depan iPhone 4S dan ia akan melakukan perintah yang
anda ucapkan. Tentunya, perintah ini haruslah diinput dalam bahasa bahasa yang
didukung olehnya agar dikenali oleh Siri. Siri, pada dasarnya adalah
pengembangan dari teknologi voice recognition atau biasa disebut dengan
perintah suara. Perintah suara atau voice recognition memiliki dua jenis,
yaitu speech recognition dan speaker recognitionSpeech recognition dapat
mengkonversi kata-kata yang akan diucapkan dengan teks.
2. Carilah gambar peralatan penempatan
posisi dan penunjuk berikut serta kegunaannya masing-masing:
Mouse
Alat penunjuk yang
dipegang
• Bentuk sudah dikenal
• Mudah digunakan
• Karakteristik :
- Bergerak di bidang datar
- Mempunyai 1 – 3 tombol yang berfungsi sebagai pemilih, penanda, menggambar, dll
- Diletakkan di atas meja : perlu tempat khusus, tidak melelahkan
- Mendeteksi gerakan
- Gerakan mouse sesuai dengan gerak kursor di layar
- Kursor bergerak dalam sumbu (x,y) dalam layar monitor, sedangkan mouse bergerak dalam sumbu (x,z)
- Merupakan peralatan manipulasi secara tidak langsung
- Tidak mengaburkan/mengganggu layar
- Mampu menunjuk secara akurat dan cepat sebab alat dan kursornya terlihat
- Dapat mengarah pada masalah koordinasi tangan-mata berkaitan dengan ketidak langsungan manipulasi padanya.
• Bentuk sudah dikenal
• Mudah digunakan
• Karakteristik :
- Bergerak di bidang datar
- Mempunyai 1 – 3 tombol yang berfungsi sebagai pemilih, penanda, menggambar, dll
- Diletakkan di atas meja : perlu tempat khusus, tidak melelahkan
- Mendeteksi gerakan
- Gerakan mouse sesuai dengan gerak kursor di layar
- Kursor bergerak dalam sumbu (x,y) dalam layar monitor, sedangkan mouse bergerak dalam sumbu (x,z)
- Merupakan peralatan manipulasi secara tidak langsung
- Tidak mengaburkan/mengganggu layar
- Mampu menunjuk secara akurat dan cepat sebab alat dan kursornya terlihat
- Dapat mengarah pada masalah koordinasi tangan-mata berkaitan dengan ketidak langsungan manipulasi padanya.
Kegunaan : adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara
cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan
keyboard.
joystick
Alat
penunjuk yang dipegang
• Hanya membutuhkan tempat sedikit
• Dikontrol oleh :
- Gerakan (joystick sesungguhnya) : posisi dari joystick berhubungan dengan posisi kursor
- Tekanan (joystick isometrik atau joystick yang dikontrol oleh kecepatan) : tekanan pada stik/batangnya berhubungan dengan kecepatan kursor.
• Biasanya dilengkapi dengan tombol-tombol (pada bagian atas / depan seperti sebuah trigger/pemicu) untuk memilih.
• Tidak mengaburkan / mengganggu layar
• Murah
• Sering digunakan untuk permainan komputer, peralatan ini sudah familiar dengan pengguna
• Hanya membutuhkan tempat sedikit
• Dikontrol oleh :
- Gerakan (joystick sesungguhnya) : posisi dari joystick berhubungan dengan posisi kursor
- Tekanan (joystick isometrik atau joystick yang dikontrol oleh kecepatan) : tekanan pada stik/batangnya berhubungan dengan kecepatan kursor.
• Biasanya dilengkapi dengan tombol-tombol (pada bagian atas / depan seperti sebuah trigger/pemicu) untuk memilih.
• Tidak mengaburkan / mengganggu layar
• Murah
• Sering digunakan untuk permainan komputer, peralatan ini sudah familiar dengan pengguna
Kegunaan :
Alat ini umumnnya digunakan sebagai:
1. Pelengkap untuk memainkan permainan video
yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
2. Untuk megontrol permainan video.
3. Joystick juga banyak diimplementasikan pada
mesin-mesin seperti pada kursiroda bermotor dan truk.
4. digunakan pada permainan (games) komputer.
No comments:
Post a Comment