1.Multimedia
Multi: banyak
Media: Sarana
berkomunikasi untuk melewatkan informasi.
Pengertian Multimedia adalah “pemanfaatan komputer untuk
membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan
animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan
pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi “
Multimedia
dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media
pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya
mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks,
gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra
pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik
(gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan
unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang
digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3
dimensi membangkitkan sens rialistis.
Panduan untuk mengetahui multimedia
harus dimulai dengan definisi atau pengertian multimedia. Dalam industri
elektronika,
·
multimedia adalah kombinasi dari
komputer dan video (Rosch, 1996) atau
·
multimedia secara umum merupakan
kombinasi tiga elemen yaitu, suara, gambar dan teks (Mc Cormick, 1996)
·
multimedia adalah kombinasi dari paling
sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat berupa audio
(suara,musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002)
·
multimedia merupakan alat yang
menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks,
grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).
·
multimedia
yaitu dengan menempatkannya dalam konteks, seperti yang dilakukan oleh
Hoftsteter (2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan
teks, grafik, audio, video dan animasi dengan menggabungkan link dan tool yang
memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan
berkomunikasi.
Dalam definisi ini
terkandung empat komponen penting multimedia.
1. Pertama, harus ada komputer yang
mengkoordinasi apa yang dilihat dan didengar yang berinteraksi dengan kita.
2. Kedua, harus ada link yang
menghubungkan kita dengan informasi.
3. Ketiga, harus ada alat navigasi yang
memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung.
4. Keempat, multimedia menyediakan tempat
kepada kita untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi dan
ide kita sendiri.
Jika salah satu
komponen tidak ada, maka bukan multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya
jika tidak ada komputer untuk berinteraksi maka itu namanya media campuran,
bukan multimedia. Jika tidak ada link yang menghadirkan sebuah struktur dan
dimensi, maka namanya rak buku, bukan multimedia. Kalau tidak ada navigasi yang
memungkinkan kita memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan
multimedia. Demikian juga jika kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan
menyumbangkan ide sendiri, maka namanya televisi, bukan multimedia. Dari
definisi diatas, maka multimedia ada yang online (internet) dan multimedia yang
offline (tradisional).
2. Sistem Multimedia
Sistem
multimedia dimulai padaakhir 1980-an dengan diperkenalkannya
Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada
tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan
video adapter card bagi PS/2. Sejak permulaan tersebut, hampir setiap
pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke multimedia. Sehingga pada
tahun 1994, diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan system multimedia
di pasaran.Citra visual dapat dimasukkan ke dalam system dari paket
perangkat lunak yang menyatukan digital, dan dari kamera video, pita dan
piringan video, dan scanner optic. Input audio dapat dimasukkan melalui
microfon, pita kaset dan compact disk.
3. Teknologi Multimedia
Lahirnya
teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik,
teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan dan pengolahan
gambar digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi
suara maupun video dalam bentuk digital, Multimedia merupakan konsep dan
teknologi dari unsur - unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan
didalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk
interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan user.
Bila
dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya
terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang
dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai
dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality).
Teknologi
multimedia dipandang sebagai revolusi ketiga dalam teknologi informasi, setelah
automasi (komputasi) dan internet (networking). Pada dasarnya teknologi
informasi menciptakan, memproses, menyimpan, mengirim, dan menyajikan data
digital. Kemampuan ini menghasilkan banyak aplikasi yang sangat bermanfaat.
Yaitu :
1. Automasi memudahkan manusia melakukan pekerjaan rutin dan
berat secara fisik.
2. Internet memperkaya sumber informasi sehingga interaksi dan kualitas keputusan
menjadi lebih cerdas.
3. Multimedia mengintegrasikan unsur keindahan, seni, dan ekspresi diri ke dalam teknologi informasi. Kemampuan ini memungkinkan dihasilkan berbagai fungsi dan layanan yang meningkatkan kualitas hidup manusia
2. Internet memperkaya sumber informasi sehingga interaksi dan kualitas keputusan
menjadi lebih cerdas.
3. Multimedia mengintegrasikan unsur keindahan, seni, dan ekspresi diri ke dalam teknologi informasi. Kemampuan ini memungkinkan dihasilkan berbagai fungsi dan layanan yang meningkatkan kualitas hidup manusia
4.Sejarah Multimedia
Istilah multimedia berawal dari teatre, bukan komputer,
pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut
pertunjukan multimedia. Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk
mendapatkan output dalam bentuk yang lebih kaya daripada media tabel dan grafik
konvensional. Pemakai dapat melihat gambar 3 dimensi, foto video bergerak,
animasi dan mendengar suara stereo. Output multimedia sekarang inikita jumpai
dimana-manaantara lain cover majalah, video game film dll. Selain itu pula multimedia
digunakan sebagai alat untuk meningkatkan bersaing. Secara umum multimedia
merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks, definisi lain
dari multimedia, yaitu dengan menempatkanya dalam konteks, seperti yang
dilakukan oleh hofstter(2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk
membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan
animasi)
No comments:
Post a Comment