Thursday 23 August 2018

Contoh Makalah Tentang Deadlock


BAB I
   TEORI DASAR

 A. Alokasi Sumber Daya

                  Sistem operasi mengatur pembagian sumber daya untuk setiap proses yang akana diproses. Setiap proses tersebut membutuhkan sumber daya yang berbeda dengan jumlah yang berbeda. Sumber daya yang ada tentu saja terbatas dan perlu dikelola. Satu sumber daya hanya mungkin digunakan untuk satu proses untuk satu periode.
                  Oleh karena itu apabila satu sumber daya sudah diberikan kepada suatu proses maka proses lain harus menunggu sumber daya tersebut dilepaskan baru kemudian dapat digunakan lagi. Pada pengalokasian terdapat dua jenis sumber daya, preemptive dan non-preemptive. Suber daya preemptive dapat diambil dari proses yang sedang berjalan. Proses tersebut akan masuk ke status tunggu dan menyerahkan sumber daya yang ia miliki.
                  Pada sumber daya non-preemptive, kita harus menunggu proses tersebut sampai benar-benar seslesai untuk dapat menggunakan sumber daya tersebut. Oleh karena itu, pengalokasian sumber daya harus dilakukan dengan hati-hati. 

B. Deadlock

                  Deadlock adalah suatu keadaan yang mengakibatkan tidak ada proses yang dapat diselesaikan sampai tuntas karena adanya saliong tunggu antar proses. Saling tunggu dapat dikarenakan prasyarat dari setiap proses adalah proses lain, ataupun saling menunggu sumber daya yang sedang digunakan proses lain.. 

Ada 4 penyebab deadlock:
a. Mutual Exclution Keadaan di mana setiap sumber daya hanya bisa digunakan          untuk satu       proses sajapada satu periode tertentu.
b. Hold and Wait Suatu keadaan di mana proses dapat masuk ke dalam status hold      dan menunggu resource lain yang sedang digunakan proses lain.
c. Non-preemptable Suatu sumber daya tidak bisa diambil setiap saat dari suatu           proses. Sumber daya hanya dapat diambil apabila proses tersebut telas selesai    digunakan.
d. Circular Wait Keadaan dua proses saling menunggu secara circular karena proses     saling   menunggu sumber daya.

Deadlock dapat diatasi dengan beberapa cara sebagai berikut:



Dowload selengkapnya disini

No comments:

Post a Comment