Monday 5 January 2015

Mesin Fisik, FSA, NFA dan DFA

1. Jelaskan perbedaan Mesin Fisik dan Abstrak
·         Mesin Fisik adalah mesin yang secara fisik dapat di lihat tetapi proses kerja di dalamnya tidak dapat di ketahui.
·         Mesin Abstrak adalah mesin  yang bekerja secara sekuensial yang menerima dan mengeluarkan output dalam bentuk diskrit .Mesin abstract merupakan mesin yg mengenal dari berbagai tingkatan bahasa dimulai dari yang low level language sampai high level language

2. Apakah FSA itu
ž  Finite State Automata/Otomata berhingga state (FSA), merupakan mesin otomata dari bahasa reguler.FSA bukan suatu mesin fisik, tetapi suatu model matematika dari suatu sistem yang menerima input dan output diskrit. FSA memiliki state yang banyaknya berhingga, dan dapat berpindah-pindah dari suatu state ke state lain.

3. Tuliskan Tupple yang ada Pada FSA
M = (Q, å, δ, S, F )  , dimana :
Q = himpunan state / kedudukan
å = himpunan simbol input / masukkan / abjad.
δ = fungsi transisi.
S = state awal / kedudukan awal (initial state).
F = himpunan state akhir.

4. Sebutkan Jenis Mesin FSA
·         DFA (Deterministic Finite Automata):  Jika pada setiap state dari FSA tersebut apabila menerima input sebuah simbol maka hanya ada satu next state yang mungkin dituju. 
·         NFA (Non-deterministic Finite Automata):  Jika FSA tersebut menerima input simbol maka minimal ada satu state yang akan berpindah ke lebih dari satu next state yang mungkin dituju.

5. Apa perbedaan NFA dan DFA
¨  Perbedaan DFA dan NFA ada pada fungsi transisinya, dimana untuk setiap pasangan state input, bisa memiliki 0 atau lebih pilihan untuk state berikutnya. 

download materi disini

2 comments: