Tuesday 20 January 2015

Analisa mobile network operating system, tentang Hukum Moore (Perkembangan Chipset), apa penyebab Social Media basis mobile (misalkan Whats app, BBM, Line, dll) yang dapat mengkonsumsi banyak memory

TUGAS WIRELESS MOBILE COMPUTING
1.             Analisa mobile network operating system
- Cara kerja mobile device / ponsel
Jawaban :
            Sebuah ponsel adalah radio dua arah, seperti mengirim dan menerima sinyal radio dengan situs sel BTS. Ketika orang berbicara di telepon seluler, pesan suara akan dikonversi menjadi gelombang radio. Gelombang radio perjalanan melalui udara sampai mereka mencapai Base station dekat. Base station mengirim panggilan di seluruh jaringan komunikasi setelah panggilan yang mencapai penerima yang dimaksudkan panggilan. Base station di sekitar ponsel yang disebut mengirimkan gelombang radio untuk penerima yang merancang untuk mendeteksi mereka. Ponsel penerima mengubah sinyal menjadi suara dan panggilan telepon berlangsung.
            BTS yang membentuk jaringan telepon untuk ponsel yang dilengkapi dengan antena microwave dan biasanya dipasang pada struktur tinggi seperti tiang atau menara. Mereka memiliki pemancar radio bertenaga rendah, yang relay komunikasi antara ponsel dan saklar. Switch menghubungkan panggilan ke pelanggan lain dari penyedia layanan yang sama.
            Teknologi seluler telah berkembang dari generasi ke generasi. Telepon selular yang digunakan generasi pertama jaringan analog dan berkembang di Jepang pada tahun 1979. Generasi kedua sistem dimulai di Finlandia pada tahun 1991 dan membuat penggunaan teknologi digital seperti GSM dan CDMA. Sistem generasi ketiga mulai di Jepang pada tahun 2001. Mereka mendukung data berkecepatan tinggi dan layanan suara.
            Ponsel mendapatkan daya dari baterai, yang dapat diisi ulang dari daya listrik. Nickel metal-hydride baterai atau baterai lithium ion yang digunakan untuk ponsel. Banyak ponsel baru-baru ini bergeser untuk menggunakan baterai lithium-polymer karena mereka adalah terang di fleksibilitas berat dan menawarkan dalam bentuk mereka. Di bawah baterai ponsel terletak microchip kecil yang dikenal sebagai Subscriber Identification Module, yang kita semua tahu sebagai kartu SIM. Chip kecil ini menyimpan konfigurasi telepon mobile rincian dan informasi tentang telepon.
            Ketika ponsel dihidupkan, itu register dengan saklar yang kemudian dapat mengingatkan ponsel panggilan masuk. Perangkat mobile mendengarkan sinyal yang dikirim oleh BTS sekitarnya dan switch lancar antara situs. Sebuah perangkat dapat beralih antara jaringan tanpa mengganggu panggilan yang sedang berlangsung dengan mentransfer panggilan dari satu saluran ke saluran lainnya. Proses ini dikenal sebagai handoff. Meskipun Anda dengan mudah berkeliaran membawa ponsel Anda, jaringan Telekomunikasi di seluruh dunia sedang bekerja, membuat dan memelihara panggilan Anda dan membantu Anda tetap terhubung.


- Protokol radio yang bersifat dinamik
Jawaban :

- Perkembangannya WAP
Jawaban :
Wireless Aplication Protocol adalah suatu aplikasi yang memungkinkan kita dapat  membuat  informasi  yang nantinya akan diakses oleh banyak orang. Aplikasi WAP sendiri  dibangun  dengan  bahasa WML (Wireless Markup Language) yang merupakan pengembangan dari XML (Extensible Markup Language). Pada akhirnya perkembangan teknologi informasi saat ini membutuhkan suatu sarana untuk mendapatkan  informasi  dengan  cepat  dan tidak  hanya  menggunakan  komputer  saja, oleh  sebab  itu  WAP (Wireless Application Protocol) menjadi  salah  satu  pilihan  dalam menyebarkan  informasi. Salah  satu perkembangan  penerapan  WAP saat ini  adalah  digunakan  untuk mengirim dan  menerima  surat elektronik atau yang lebih populer disebut  dengan e-mail. Surat  elektronik  merupakan  salah  satu  fasilitas  yang ada  pada layanan  internet. Dengan  adanya layanan WAP maka e-mail dapat  diakses melalui  ponsel yang mempunyai fasilitas WAP tersebut tanpa harus terlebih dahulu mengakses  lewat PC. Dengan  keterbatasan  fisik dan frekuensi yang  digunakan  yaitu  sekitar  900  Mhz  maka tidaklah  mudah untuk  mengakses  internet  melalui ponsel, sehingga tidak semua fasilitas yang terdapat pada e-mail dapat ditampilkannya.
 

2.             Jelaskan tentang Hukum Moore (Perkembangan Chipset)!
Jawaban :
HUKUM MOORE

“Kekuatan mikroprosesor menjadi dua kali lipat setiap 18 bulan.
Kekuatan komputasi menjadi dua kali lipat setiap 18 bulan.
Harga komputasi berkurang setengahnya setiap 18 bulan.”
(Gordon Moore, 1965)

                        Hukum Moore, diakui banyak pihak sebagai pendorong revolusi komputer. Secara singkat dapat disebutkan bahwa jumlah transistor chip komputer dengan harga yang sama meningkat dua kali lipat setiap 18 bulan. Kecenderungan tersebut terbukti benar sampai saat ini. Jika chip pertama Intel tahun 1971 hanya memuat 2300 transistor, chip terakhir mampu memuat 1,7 milyar transistor.

               Hukum Moore bukan sekadar prediksi dan hasil pengamatan belaka. Saat ini, Hukum Moore telah dijadikan target dan tujuan yang ingin dicapai dalam pengembangan industri semikonduktor. Gordon Moore mulai dengan prediksi bahwa masa depan elektronika berhubungan erat dengan masa depan IC (integrated circuit) – teknologi yang belum populer saat itu. IC akan mendorong perkembangan komputer pribadi, termasuk piranti penghubung antarkomputer, pengendali otomatis untuk kendaraan, dan piranti komunikasi portabel. Moore menuliskan tahap perkembangan IC dengan menyatakan bahwa pada harga yang sama, kemampuan IC meningkat dua kali lipat setiap tahun.

               Tidak bisa dipungkiri bahwa hukum Moore menggerakkan industri yang ingin selalu meningkatkan kemampuan chip-nya.Kita ambil contoh sebagai berikut. Peneliti di industri prosesor berusaha mewujudkan Hukum Moore dalam pengembangan produknya. Produsen alat produksi IC berusaha membuat alat yang dapat mencetak transistor sekecil mungkin. Industri material semikonduktor terus menyempurnakan produk material yang dibutuhkan prosesor, dan aplikasi komputer dan telekomunikasi berkembang pesat seiring dikeluarkannya prosesor yang memiliki kemampuan semakin tinggi.

               Secara  tidak  langsung,  Hukum Moore menjadi umpan balik (feedback) untuk mengendalikan  laju  peningkatan   jumlah  transistor  pada  keping  IC. Hukum  Moore telah  mengendalikan   semua  orang   untuk bersama – sama  mengembangkan  prosesor.  Terlepas dari alasan - alasan  tersebut, pemakaian  transistor  akan  terus  meningkat  hingga  ditemukannya  teknologi   yang  lebih  efektif   dan  efisien  yang  akan   menggeser mekanisme kerja transistor sebagaimana yang dipakai saat ini.


Hukum Moore dan IT Resource

               “Semakin banyaknya transistor yang mengisi sebuah chip bukan semata-mata hanya untuk menambah kecepatan, melainkan untuk menambah semakin banyak fungsi.”
Hidup makin mudah dengan kemampuan chip yang terus meningkat, ukuran yang semakin kecil, dan cocok digunakan untuk aplikasi bergerak seperti HP, PDA, laptop, atau flashdisk.  Saat komputasi dan komunikasi bergabung dan mempengaruhi nyaris seluruh aspek kehidupan, permintaan semakin bertambah untuk perangkat-perangkat yang memiliki fungsi lebih banyak, lebih cepat, dan lebih murah. Mengikuti Moore’s Law merupakan hal penting untuk membantu industri-industri TI menghasilkan chip-chip yang memenuhi kebutuhan tersebut


3.             Analisa apa penyebab Social Media basis mobile (misalkan Whats app, BBM, Line, dll) yang dapat mengkonsumsi banyak memory !
Jawaban :

Penyebabnya yaitu pada saat awal , aplikasi akan dinstal terlebih dahulu agar semua system paket aplikasi terinstal didalam storage internal mobile phone biasanya aplikasi seperti ini berukuran antara 5 Mb - 13 Mb. Setelah user meruning aplikasi tersebut kemudian aplikasi itu terbuka dan akan tersimpan di dalam sebuah ram yaitu memory sementara yang kemudian aplikasi ini memakan memory cukup besar berkisar 14Mb di ram sebuah mobile smartphone dan  pastinya aplikasi ini akan bisa digunakan apabila terkoneksi dengan internet. Aplikasi seperti ini akan terus tersimpan/berjalan di dalam Ram sebuah mobile selama user tidak mematikan settingan koneksi internet dan system aplikasi tersebut seperti dengan meng-End Task nya. Aplikasi seperti Whats app dan aplikasi messenger lainya biasanya dibuat system aplikasinya agar tetap terus berjalan di belakang layar , walaupun sebenarnya aplikasi tersebut sudah dimatikan atau bahkan ada aplikasi seperti ini yang sama sekali tidak bisa di off atau dimatikan systemnya karena aplikasi seperti ini akan terus standby apabila ada data yang masuk seperti text, suara, gambar yang tentunya harus terkoneksi internet. Itulah kemungkinan yang terjadi yang dapat mengkonsumsi memory banyak dan membuat mobile phone cepat lelet , boros baterai, dan sering hang.




No comments:

Post a Comment