Wednesday 7 January 2015

Penjelasan Tentang Jaringan Komputer, Tipe-tipe jaringan dan Perbedaan Lan,Man,& Wan

Jaringan Komputer adalah adalah sebuah sistem dimana kita dapat menghubungkan beberapa komputer menjadi satu kesatuan yang dapat saling berhubungan, berbagi, dan berkomunikasi.

TIPE - TIPE JARINGAN

  1. LAN (Local Area Network)
LAN adalah jenis jaringan yang ruang lingkupnya berada di area yang relatif kecil. Pada umumnya, jenis jaringan ini sering diterapkan pada kantor, lab sekolah, rumahan, dan lainnya, yang berjarak tidak lebih dari 1 KM.
KELEBIHAN
KEKURANGAN
v  Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing).  
v  Instrumentasi tidak sederhana
v  Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali.
v   Virus mungkin dapat menBluetooth
v  Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat.
v  Semua layer model OSI harus dilaksanakan (protokol/aturan yang digunakan)
v   File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol.
v  Software harus dirancang untuk multi user
v  File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semua client
v  Perlu pengendali pemakain software
v  Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer Sharing).
v  Ada kemungkinan password dapat ditembus

  1. MAN (Metropolitan Area Network)
MAN adalah jenis jaringan yang biasanya memiliki ruang lingkup sedikit lebih luas dari LAN meliputi antar wilayah dalam satu provinsi. Contoh: jaringan Bank Mandiri dimana beberapa kantor cabang berada di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya. Jangkauan dari jaringan MAN ini bisa mencapai 10 - 50 kilo meter.
KELEBIHAN
KEKURANGAN
dalam jangkauan media transmisi daripada LAN, dan mempunyai kelebihan data trasfer rate yang lebih besar daripada LAN.
Kekurangan MAN kebanyakan bersaing dalam masalah terminal, yang akhirnya mengganggu jaringan dalam berkomunikasi satu dengan lainnya. 
MAN dapat melingkupi kawasan yang lebih luas dibanding dengan LAN. Jaringan MAN biasanya dioperasikan di bandara-bandara, gabungan beberapa buah sekolah ataupun di sebuah daerah. Dengan menjalankan suatu jaringan keterhubungan yang besar, informasi dapat disebarkan dengan lebih meluas, cepat dan bermakna.
MAN hanya akan berlaku jika komputer pribadi tersebut dapat bersaing atau sebagai terminal. Jika sebuah komputer pribadi digunakan sebagai terminal, memindahkan file (file transfer software) membolehkan pengguna untuk mengambil file (download) dari hos ataupun menghantar data ke hos (upload).


  1. WAN (Wide Area Network)
Jaringan WAN ini sangatlah luas, maka kebanyakan pengguna sudah menggunakan satelit atau bahkan kabel bawah laut untuk menghubungkannya. WAN mencakup daerah geografis yang sangat luas, dan biasanya saling menghubungkan negara bahkan benua
KELEBIHAN
KEKURANGAN
        Bisa diakses dengan jangkauan area geografis yang luas sehingga melakukan aktifitas jarak jauh dapat menggunakan jaringan ini.
v  Biaya operasional yang mahal dan umunya lambat.
v  Dapat berbagi (share) software dan resources dengan menggunakan workstation.
v  Memerlukan firewall yang bagus untuk mencegah pengguna dari luar masuk dan mengganggu pengguna yang didalam.
v  Semua orang yang berada dalam jaringan MAN dapat berbagi data yang sama.
v  Keamanan dari pengguna nakal (hacker, virus maker) menambah biaya pada sistem keamanan MAN.
v  Dapat berbagi file share pada area yang luas.
v  Informsi tidak memenuhi kebutuhan lokal maupun kepentingan sendiri

PERBEDAAN LAN,MAN,& WAN
LAN(Local Area Network)
MAN(Metropolitan Area Network)
WAN(Wide Area Network)
jarak yang bisa ditempuh antar komputer adalah 5-10 Km. Suatu Jaringan LAN biasanya bekerja pada kecepatan 10-100 Mbps. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch. Dan saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. 
Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km.
Jarak yang bisa ditempuh oleh suatu jaringan WAN berkisar pada 100 KM 1000 KM. Dan mempunyai kecepatan antara 1.5 Mbps 2.4 Gbps. Dalam WAN biaya untuk peralatan transmisi lebih tinggi, karena memerlukan perangkat yang lebih banyak lagi dan biasanya membutuhkan suatu Router, dan biasanya jaringan jaringan WAN dimiliki dan dioperasikan oleh jaringan publik.

download materi disini

No comments:

Post a Comment