Wednesday 7 January 2015

Jenis Jenis linked list pada java


Ø  Single Linked List
Tempat yang disediakan pada satu area memori tertentu untuk menyimpan data dikenal dengan sebutan node/simpul. Setiap node memiliki pointer yang menunjuk ke simpul berikutnya sehingga terbentuk satu untaian, dengan demikian hanya diperlukan sebuah  variabel  pointer.  Susunan  berupa  untaian  semacam  ini  disebut  Single  Linked List (NULL memilik nilai khusus yang artinya tidak menunjuk ke mana-mana. Biasanya Linked List pada titik akhirnya akan menunjuk ke NULL).
                           

Pembuatan Single Linked List dapat menggunakan 2 metode:

·        LIFO (Last In First Out), aplikasinya : Stack (Tumpukan)
Lifo adalah suatu metode pembuatan Linked List di mana data yang masuk paling akhir adalah  data  yang  keluar  paling  awal.
                   
·        FIFO (First In First Out), aplikasinya : Queue (Antrean)
FIFO  adalah  suatu  metode  pembuatan  Linked  List  di  mana  data  yang  masuk  paling awal  adalah  data  yang  keluar  paling  awal  juga

Ø  Double Linked List
Salah satu kelemahan single linked list adalah pointer (penunjuk) hanya dapat bergerak satu  arah  saja,  maju/  mundur,  atau  kanan/kiri  sehingga  pencarian  data  pada  single linked  list  hanya  dapat  bergerak  dalam  satu  arah  saja.  Untuk  mengatasi  kelemahan tersebut,  anda  dapat  menggunakan  metode  double  linked  list.  Linked  list  ini  dikenal dengan nama Linked list berpointer Ganda atau Double Linked List.

Ø Circular Double Linked List
adalah double linked list yang simpul terakhirnya menunjuk ke simpul terakhirnya menunjuk  ke  simpul  awalnya  menunjuk  ke  simpul  akhir  sehingga  membentuk  suatu lingkaran.

download materi disini

No comments:

Post a Comment