Wednesday 7 January 2015

Penjelasan tentang Sistem Informasi dan contohnya

1.Jelaskan apa yang dimaksud dengan "Sistem Informasi"!

Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan  transaksi  harian,  mendukung  operasi,  bersifat  manajerial  dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

2.Berikan minimal 3 contoh Sistem Informasi?

·         Sistem layanan akademis yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data akademis dan mendaftar mata kuliah yang diambil pada tiap semester.
·         Sistem penjualan secara kredit agar dapat memantau hutang pelanggan yang jatuh tempo.
·         Sistem smart card yang dapat digunakan tenaga medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien.
·         Sistem  reservasi  penerbangan,  digunakan  dalam  biro  perjalanan  untuk melayani pemesanan/pembelian tiket.
·         Sistem  POS  (Point  Of  Sale)  yang  diterapkan  di  pasar  swalayan  dengan dukungan barcode reader untuk mempercepat pemasukan data.

3.Apakah benar bahwa sistem informasi itu tidak harus selalu menggunakan komputer?

          Benar, karena sebelum adanya komputer sistem infomasi di lakukan secara manual dan itu berjalan dengan baik walaupun masih terdapat beberapa kesalahan seperti perhitungan yang keliru, rusaknya data, kehilangan data,dll. dengan perkembangan zaman dan semakin pesatnya ilmu pengetahuan sehingga memudahkan dalam mengatur sebuah sistem secara komputerisasi sehingga pengeditan, penambahan, pengurangan dan berbagi infomasi menjadi lebih mudah dengan penggunaan komputer.

4.Jelaskan mengapa Sistem Informasi itu penting bagi perusahaan!

            Dengan adanya sistem informasi perusahan dengan mudah mengetahui transaksi harian, pengumpulkan dan      penganalisaan semua  dokumen, penyusun  laporan  dari   sistem   yang   telah   berjalan, penyusunan perkiraan biaya yang diperlukan untuk sistem yang  baru,dan mengetahui semua kegiatan terutama yang berkaitan dengan system infomasi

5.Manakah yang benar, Teknologi Informasi merupakan bagian dari Sistem Informasi atau sebaliknya?


Yang benar adalah Teknologi Informasi merupakan bagian dari Sistem Informasi, karena dengan adanya sistem infomasi maka pemanfaatan teknologi infomasi menjadi sangat bermanfaat dan sebagian besar yang di kerjakan dalam sistem infomasi menggunakan teknologi infomasi.

download materi disini

No comments:

Post a Comment