Dalam objek ini penulis mendownload
model objek baju
yang sudah ada kemudian diimport ke dalam aplikasi blender. Untuk memulainya yaitu
double klik aplikasi blender yang sudah terinstal di komputer, maka akan tampil
halaman seperti dibawah ini. Setelah itu klik File -> Import -> Wavefront (.obj) karena penulis menggunakan
objek yang berformat .obj .
Gambar
Importing
objek
Setelah
itu akan tampil halaman untuk memilih file objek yang akan diimportkan, disini
nama objek yang akan diimportkan yaitu Sculpt.obj, kemudian klik Import OBJ.
Gambar Memilih file objek
Selanjutnya akan tampil objek yang tadi dimportkan, didalam
window terlihat masih terdapat kotak yang menghalangi objek yang diimportkan,
untuk menghilangkanya pada panel Scene terdapat komponen Cube , lalu klik pada
Cube-> klik kanan -> delete, maka akan hilang objek cube tersebut.
Gambar
3.36. Menghilangkan
objek cube
Selanjutnya
setelah objek Cube hilang , sekarang penulis akan memberi textur pada objek.
Untuk memulainya maka aktifkan objek bajunya lalu ubah tampilan window dari
object mode menjadi edit mode maka akan tampil seperti ini
Gambar
3.37. Membuat tampilan
edit mode
Setelah itu buat
tampilan menjadi dua, window pertama tampilan 3D view yang kedua buat menjadi
tampilan uv/image editor
Gambar
3.38.Membuat tampilan uv/image editor
Ketika tampilan texture
sudah terlihat maka yang harus di lakukan yaitu export hasil texturing dengan
cara pilih UVs lalu pilih Export UV Layout
Gambar
3.39. Cara mengexport UV layout
Setelah
itu berinama pada hasil texturing,lalu Export UV Layout.
Gambar
3.40.Tampilan Export UV layout
Untuk memberi warna
texture bisa menggunakan aplikasi lain seperti photoshop dll.
No comments:
Post a Comment