Saturday, 17 January 2015

Membuat Texturing pada Objek Baju 3D

Dalam objek ini penulis mendownload model objek baju yang sudah ada kemudian diimport ke dalam aplikasi blender. Untuk memulainya yaitu double klik aplikasi blender yang sudah terinstal di komputer, maka akan tampil halaman seperti dibawah ini. Setelah itu klik File -> Import ->  Wavefront (.obj) karena penulis menggunakan objek yang berformat .obj .

 
  


Gambar Importing objek
Setelah itu akan tampil halaman untuk memilih file objek yang akan diimportkan, disini nama objek yang akan diimportkan yaitu Sculpt.obj, kemudian klik Import OBJ.



   Gambar  Memilih file objek
Selanjutnya akan tampil objek yang tadi dimportkan, didalam window terlihat masih terdapat kotak yang menghalangi objek yang diimportkan, untuk menghilangkanya pada panel Scene terdapat komponen Cube , lalu klik pada Cube-> klik kanan -> delete, maka akan hilang objek cube tersebut.




Gambar 3.36. Menghilangkan objek cube

Selanjutnya setelah objek Cube hilang , sekarang penulis akan memberi textur pada objek. Untuk memulainya maka aktifkan objek bajunya lalu ubah tampilan window dari object mode menjadi edit mode maka akan tampil seperti ini


Gambar 3.37. Membuat tampilan edit mode
Setelah itu buat tampilan menjadi dua, window pertama tampilan 3D view yang kedua buat menjadi tampilan uv/image editor



Gambar 3.38.Membuat tampilan uv/image editor
Ketika tampilan texture sudah terlihat maka yang harus di lakukan yaitu export hasil texturing dengan cara pilih UVs lalu pilih Export UV Layout




Gambar 3.39. Cara mengexport UV layout
            Setelah itu berinama pada hasil texturing,lalu Export UV Layout.






Gambar 3.40.Tampilan Export UV layout

Untuk memberi warna texture bisa menggunakan aplikasi lain seperti photoshop dll.

No comments:

Post a Comment